5 Game MOBA Terbaik di Mobile

Game MOBA atau kepanjangannya Multiplayer Online Battle Arena cukup diminati di kalangan gamer. Tentu saja habitat asal habitat MOBA adalah PC, karena pada awalnya terdapat Warcraft 3 yang kemudian dikembangkan menjadi Defense of the Ancient. Setelah itu, beberapa tahun kemudian Valve merilis game DOTA 2 yang akhirnya sangat populer di seluruh dunia.

Tetapi juga muncul MOBA yang berplatform smartphone. Karena MOBA smartphone lebih sederhana, praktis, dan hemat waktu daripada di PC, mereka juga memiliki pemain dalam jumlah yang besar. Karena para beginner MOBA tentu saja kesulitan jika belajar di DOTA 2 dikarenakan game itu memiliki ciri khas yaitu kompleksitas, sehingga beberapa orang memilih bermain di smartphone saja daripada di PC. MOBA berplatform smartphone tersebut yaitu :

1. Vainglory


Game yang satu ini bisa dikatakam mirip DOTA karena cara bermainnya menggunakan tap-tap. Berbeda dengan MOBA lain yang menggunakan analog. Meski begitu, Vainglory tidak kalah dengan MOBA lain. Vainglory sendiri juga termasuk game teratas di Play Store. Vainglory sendiri juga memiliki item aktif seperti pada M

Vainglory juga merupakan game yang sangat berkualitas, karena mulai dari tampilan, grafik, dan juga animasi sudah sangat baik karena dibuat oleh Super Evil Megacorp yang timnya sudah berpengalaman bekerja di perusahaan game terbesar, diantaranya Rockstar, Ubisoft, dan EA. Game ini lebih kompleks daripada MOBA smartphone lain sehingga lebih sulit untuk dimainkan. Tetapi game ini tidak kalah seru dengan game yang lain.

2. Mobile Legends


Moonton telah membesut sebuah game yang sangat populer di Asia tenggara, termasuk Indonesia. Game yang lebih sering dijuluki "ML" ini juga memiliki banyak player di luar Asia Tenggara. Game in benar-benar terkenal karena game ini cukup sederhana. Selain itu game ini juga lebih kecil ukurannya daripada game lain, sehinga lebih ringan untuk dimainkan di smartphone yang hanya memiliki ram 1 GB. Untuk grafiknya sendiri, ML bisa disetting sesuka hati sesuai spesifikasi smartphone yang kamu miliki.

3. Arena of Valor


Awalnya game ini memakai nama Mobile Arena dan Strike of Kings (Eropa). Game buatan Tencent ini lebih terkenal di dunia daripada MOBA smartphone lain. Untuk animasi dan grafiknya sendiri sudah cukup bagus sehingga game ini agak berat jika dimainkan di smartphone low-end. Cara memainkannya juga sama seperti ML, disediakan sebuah analog di pojok kiri bawah serta beberapa tombol untuk menyerang di pojok kanan bawah.

4. Heroes Evolved


Game ini termasuk baru dirilis di Indonesia. Heroes Evolved ini memiliki fitur yang lebih kompleks dari semua game MOBA di smartphone. Seperti DOTA 2, game ini memiliki fitur Fog of War. Fitur ini akan membuat map menjadi gelap, kecuali ada temanmu atau creep kawan yang berada di sana. 

5. Heroes of Order and Chaos


Gameloft merupakan developer game mobile ternama. Dengan maraknya pasar MOBA di mobile, akhirnya mereka membuat game ini. Heroes of Order and Chaos bisa memilih antara bermain 3 vs 3 ataupun 5 vs 5. Hero di dalam game ini dapat di upgrade seperti pada game RPG.


Itulah 5 game MOBA terbaik di mobile. Dengan adanya perkembangan ini, kalian para pecinta MOBA dapat memainkan genre game kesayangan kalian dimanapun. Dan, waktu untuk bermain akan terkurangi karena MOBA di mobile di-desain lebih simpel. Jadi, game manakah yang menjadi favorit kalian? Beritahu kami di kolom komentar!

2 comments :

Copyright © Mutualan Kuy. Designed by OddThemes