Fitur Windows 10 yang Mungkin Belum Diketahui Banyak Orang

Windows 10 Version 1703

Windows 10 merupakan OS terbaru buatan Microsoft. Windows 10 ini memiliki banyak sekali fitur fitur yang keren dan juga bermanfaat. Tetapi,walau Windows 10 sudah berumur 2 tahun, tidak semua pengguna mengetahui beberapa fitur dari Windows 10 ini. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas tentang fitur-fitur yang belum diketahui banyak orang di Windows 10 ini.

1. Cortana


Cortana adalah personal assisstant di Windows 10. Cortana bisa dikatakan sebagai Siri (buatan Apple) atau Google now (buatan Google) versi Windows 10. Personal assisstant buatan Microsoft ini bisa memudahkan pekerjaan sehari-harimu. Mulai dari mengidentifikasi musik, voice search, menyetel alarm, menampilkan berita terkini, maupun informasi mengenai tingkat kemacetan jalan bisa kamu akses hanya dengan suara.

Pengidentifikasi Musik di Cortana

Kelemahan dari Cortana sendiri yaitu, Cortana hanya tersedia dalam beberapa negara, yaitu Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Australia, India, Jerman, Italia, Spanyol, Meksiko, Prancis, Brazil, dan juga Jepang. Di Indonesia sendiri, Cortana masih belum tersedia. Sehingga PC yang regional settingnya bukan 12 negara tersebut tidak bisa mengaktifkan Cortana. Hal ini tentunya menyebabkan banyak orang tidak tahu apa itu Cortana.

2. Mount File ISO



File ISO biasanya di-burn ke CD/DVD/Flashdisk. File ISO ini biasanya berisi file-file instalan software, sebagai contoh file ISO Microsoft Office 2016 atau File ISO Windows 10 Insider Preview. Tetapi, File ini sebenarnya bisa dibuka (mount) tanpa perlu repot-repot burn file ISO tersebut. Windows 10 bisa membuka (mount) file ISO ini tanpa membutuhkan software apapun dan juga tanpa perlu burn. Fitur ini juga tersedia pada pendahulu Windows 10, yaitu Windows 8.1.

3. Zip dan Unzip File



Satu lagi fitur Windows 10 dalam hal File Exploler. Yaitu zip dan unzip file. Zip/unzip juga biasa disebut dengan extract/compress file. Sayangnya, Windows 10 hanya bisa extract/unzip file zip dan zip/compress file ke file zip. Windows 10 tidak bisa mengekstrak file rar, tar, xz, bz2, 7zip, cab, uue, dan file compressed lain. Untuk mengekstrak file compressed selain zip, kamu harus menginstal software seperti WinRAR atau 7-Zip.

4. Metro Apps



Metro Apps merupakan aplikasi-aplikasi yang didapatkan dari Windows Store. Metro apps sebenarnya sudah ada sejak Windows 8. Tetapi, metro apps di windows 10 lebih sempurna dari pada metro apps di Windows 8 ataupun Windows 8.1. Metro Apps sendiri berguna untuk memudahkan pekerjaanmu.

Sebagai contoh, kita mungkin sudah biasa membuka file MP3 menggunakan Windows Media Player, GOM Player, VLC Media Player, atau software lainnya. Tetapi, dengan adanya metro apps, kita tidak memerlukan semua itu. Kita bisa membuka MP3 tersebut menggunakan Groove Music. Groove Music merupakan salah satu dari metro apps yang sudah ada sejak pertama kali kita menggunakan Windows 10. Sehingga kita tidak perlu mendownload dan menginstal MP3 player lainnya. Selain itu, masih banyak lagi metro apps sesuai fungsinya. Antara lain Mail, Mesagging, Movies & TV, Maps, Microsoft Edge, Photos, Setting, Camera, XBOX, Voice Recorder, Weather, Alarm & Clock, Reader, News, dan masih banyak lagi.

Walaupun metro apps sangat berguna, banyak pengguna Windows 10 yang tidak tahu tentang metro apps. Karena biasanya, pengguna Windows 10 lebih terbiasa menggunakan third-party software atau software dari pihak ketiga (misalnya GOM Player dan juga lainnya).

5. Windows Store

Seperti penjelasan diatas, Windows Store merupakan sumber dari metro apps. Jika di Android adalah Play Store dan App Store. Di Windows Store ini, kamu bisa mendownload apllikasi di Play Store maupun App Store meski tidak terlalu lengkap. Kamu bisa mendownload Facebook, Messenger, Line, Minecraft: Windows 10 Edition, Skype, Dragon Mania Legends, Asphalt 8: Airborne, Cut the Rope, Instagram, dan juga twitter. Tetapi BBM, Clash of Clans, Clash Royale, dan beberapa aplikasi lainnya masih belium tersedia di Windows Store ini.

6. Night Light


Night Light berfungsi untuk menjaga kesehatan mata kita dari sinar biru. Jika kita membuka pengaturan bagian Night Light, maka kita akan mendapati setelan seperti gambar diatas. Jika kita menggser slide ke kiri, maka monitor kita akan menjadi semakin merah. Kita bisa mengatur kapan fitur Night Light diaktifkan atau dinonaktifkan.
Kamu bisa membuka pengaturan Nigth Light di Setting > System > Display > klik Night Light Setting. 

7. Windows Update yang Lebih Mutakhir


Secara default, Windows Update pada Windows 10 berbeda dengan Windows Update lain. Di Windows 10, Windows Update selalu menyala, oleh karena itu jangan heran jika kuotamu cepat habis saat menggunakan Windows 10. Pada Windows 10 Home, Windows Update memang tidak bisa dimatikan, tetapi bisa update bisa ditunda selama 1 minggu pada Windows 10 Pro, Enterprise, dan juga Education.

8. Windows Insider Program



Windows Insider Program ini jarang diketahui banyak orang. Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa merasakan fitur yang belum dirilis ke pengguna biasa. Contohnya baru-baru ini (April 2017), Microsoft baru merilis Windows 10 Creators Update. Tetapi para Windows Insider sudah bisa merasakan Creator Update sekitar 6 bulan sebelum Creators Update dirilis ke publik.

Untuk mengikuti Windows Insider Program, kamu cukup mendaftarkan Email kamu ke Akun Windows Insider. Setelah itu login di bagian Windows Insider Program (Setting >  Update & Security > Windows Insider Program), dan pilih jenis Insider (disarankan untuk memilih fast). Kemudian restart PC. Kamu akan mendapati bahwa Windows Update akan mendownload build insider yang belum dirilis ke publik yang besarnya bisa mencapai 2 GB, bahkan bisa sampai 3 GB.

Kemudian kamu akan diinstruksikan untuk merestart PC. Update build yang sudah didownload akan diinstal saat restart. Lama waktu penginstalan bermacam-macam, pada PC saya sendiri sekitar 20 - 45 menit. Dalam beberapa kasus yang cukup jarang, dalam beberapa build insider terdapat masalah atau bug. Tetapi jangan khawatir, Microsoft akan meriilis update build dalam 3-7 hari untuk memperbaiki bug tersebut.

9. Microsoft Edge, Browser Canggih Besutan Microsoft


Banyak sekali orang yang tidak tahu browser yang satu ini. Microsoft Edge merupakan browser buatan Microsoft. Browser ini sebenarnya mampu mengungguli Opera Browser, Mozilla Firefox, maupun Google Chrome. Secara keseluruhan, Microsoft Edge lebih ringan daripada browser lain. Browser ini juga sangat ramah baterai.

Microsoft Edge sendiri juga sudah terintregasi dengan Cortana. Sehingga Microsoft Edge mampu menampilkan daftar potongan harga saat anda mengunjungi situs jual beli. menampilkan lirik di Youtube, ataupun hal-hal lain yang tidak bisa dilakukan di browser selain Microsoft Edge.

10. Windows Defender


Selanjutnya yaitu pada bidang keamanan. Windows 10 memiliki antivirus bawaan bernama Windows Defender. Salah satu kelebihan dari antivirus ini yaitu gratis jika dibandingkan dengan antivirus lainnya yang berbayar. Tentunya Windows Defender juga lebih ringan daripada antivirus lainnya karena Windows Defender adalah program bawaan dari Windows 10.

11. Edit Foto Menggunakan Aplikasi Photos


Dengan aplikasi Photos, kamu bisa membuka dan mengedit foto. Photos memiliki user interface yag sangat menarik. Akan tetapi, Photos tidak secanggih Adobe Photoshop, Coreldraw, atau aplikasi pengedit foto lainnya.

12. Membuat Objek 3 Dimensi dengan Paint 3D


Paint 3D merupakan sebuah aplikasi yang digunnakan untuk membuat objek 3D. Di dalam aplikasi ini sudah disediakan beberapa alat dan juga petunjuk penggunaan serta beberapa tips. Paint 3D juga benar-benar ringan. Semua PC Windows 10 bisa menjalankan aplikasi ini. Paint 3D juga bisa digunakan untuk mengedit foto. Paint 3D hanya tersedia pada Windows 10 Creators Update. Jika kamu ingin mencoba Paint 3D, kamu bisa mengupdate Windows 10 kamu ke Creators Update.

13. Aplikasi XBOX Sebagai Play Games di Windows 10


Aplikasi XBOX Windows 10 ini memudahkan kamu saat bermain game terutama bagi kamu yang menggunakan konsol XBOX One. Kamu bisa menyambungkan XBOX One dengan Windows 10 milikmu melalui aplikasi ini. Kamu bisa broadcast, mengupload klip & foto, terhubung dengan orang lain, membeli game, merekam layar saat bermain game, serta memperoleh "achievement" dengan aplikasi ini.

14. Mixed Reality Portal, Penghubung Windows 10 dengan VR



Fitur ini akan benar-benar menajubkan jika kamu memiliki VR. Mixed Reality Portal ini berfungsi untuk menghubungkan PC dengan VR Milikmu. Untuk menggunakan fitur ini, kamu membutuhkan VR dan juga PC dengan spesifikasi sebagai berikut:

Processor
  • Notebook: Intel Mobile Core i5 (e.g. 6200U 7th generation CPU), Dual-Core with Hyper Threading
  • Desktop: Intel Desktop i5 (e.g. 6th generation CPU), Dual-Core with Hyper Threading OR AMD FX4350 4.2Ghz Quad-Core equivalent

  • GPU
    • Notebook: NVIDIA GTX 965M, AMD RX 460M (2GB) equivalent or greater DX12 capable GPU
    • Desktop: NVIDIA GTX 960/1050, AMD Radeon RX 460 (2GB) equivalent or greater DX12 capable GPU
    • WDDM 2.2 driver
  • Thermal Design Power: 15W or greater
  • Display
    • Headset connectors: 1x available graphics display port for headset (HDMI 1.4 or DisplayPort 1.2 for 60Hz headsets, HDMI 2.0 or DisplayPort 1.2 for 90Hz headsets)
    • Resolution: SVGA (800x600) or greater
    • Bit depth: 32 bits of color per pixel
  • Memory: 8 GB of RAM or greater
  • Storage: >10 GB additional free space
  • Connectivity:
    • 1x available USB port for headset (USB 3.0 Type-A) Note: USB must supply a minimum of 900mA
    • Bluetooth 4.0 (for accessory connectivity)


  • 15. Game Mode


    Sesuai namanya, Game Mode berfungsi mengoptimalkan PC kamu saat bermain game. Game Mode dapat bekerja pada semua jenis game. Menurut bocoran dari pihak Microsoft, Game Mode mengalokasikan 80% resources untuk game dan juga 20% resources untuk program lainnya. Game Mode hanya tersedia pada Creators Update saja.

    16. Feedback Hub



    Feedback Hub sebenarnya tidak terlalu berguna sehingga tidak banyak orang yang mengetahui Feedbck Hub ini. Aplikasi ini berfungsi untuk melaporkan bug Windows 10, berisi beberapa tips & trik Windows 10, dan juga share pengalamanmu dalam menggunakan Windows 10.

    Itulah beberapa fitur Windows 10 yang belum diketahui banyak orang. Memang ada yang berguna dan juga tidak terlalu berguna. Tetapi, menurut saya sendiri, fitur yang cukup berguna yaitu: Microsoft Edge, Cortana, Metro Apps, Windows Store, Paint 3D, XBOX (untuk pengguna konsol XBOX One), dan juga Mixed Reality Portal (untuk pengguna Virtual Reality). Selamat menikmati fitur Windows 10.

    Artikel ini dibuat berdasarkan Windows 10 Version 1703 Build 16176 Prerelease. Beberapa fitur mungkin tidak tersedia di build sebelumnya, terutama pada Windows 10 Non-Creators Update.

    15 comments :

    1. wah keren banget gan,, terima kasih udah memaparkan semua ini, jadi nambah pengetahuan nih.. jadi pengen install windows 10 dah,, heheh

      ReplyDelete
    2. wah semakin top windows update terbarunya

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya gan betul. Terima kasih telah berkunjung

        Delete
    3. kalau saya sih masih setia sama win 7. Sepertinya win 10 ini berat dan memakan banyak memori di C:

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya tuh gan. Klo komputer/laptop agan low end mending win 7 aja. Klo win 10 ngelag.

        Delete
    4. di windows 10 ada Paint 3D? bisa berkreasi tanpa photosop dong mas..
      klo di windows7 dipasang Paint 3D, bisa gak?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Klo windows 7 ama windows 8 kaga bisa gan. Harus Windows 10

        Delete
    5. sayangnya keinginan untuk windows 10 blum tercapai hanya sampai windows 8.1

      ReplyDelete
    6. bw back gan nice banget,
      http://torial-blog.blogspot.co.id/

      ReplyDelete
    7. Weh kren2 fiturnya jd pengen update PC

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya gan. Terima kasih ya telah berkunjung :D

        Delete
    8. Elahh banyak juga ya kelebihannya. Baru tau gue. Mantap dahh wkwk

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wkwk,iya gan. Terima kasih ya gan telah berkunjung :D

        Delete

    Copyright © Mutualan Kuy. Designed by OddThemes