Jenis Windows Insider yang Mungkin Belum Kamu Ketahui


Mungkin sebagian besar pengguna Windows 10 mengetahui Windows Insider Program. Windows Insider Program ini memiliki beberapa tujuan, yaitu untuk mengetahui masalah pada windows 10 build, sehingga peserta Insider akan mendapat build yang lebih awal daripada pengguna biasa. Windows Insider Program terbagi menjadi beberapa ring, yaitu Slow Ring dan Fast Ring, selain itu juga ada Insider Preview. 

Selain itu, juga ada 3 ring yang tidak bisa diakses oleh publik dikarenakan Ring tersebut menerima build yang jauh lebih awal yang otomatis memiliki banyak bug. Sebelum membahas tentang ketiga build tersebut, kami akan membahas 3 ring yang disediakan untuk publik, yaitu :

1. Windows Insider Ring - Release Preview

Windows Insider yang memilih Release Preview akan mendapat update paling akhir (setelah slow ring). Ring ini merupakan yang paling aman dan paling bebas dari bug dibanding ring lainnya. Jika kamu ingin mengikuti Program Windows Insider akan tetapi takut masalah karena bug, kamu disarankan memilih Ring ini.
Build ini pertama kali dikenalkan dengan build 10586 tanggal 10 Februari 2016.

2. Windows Insider Ring - Slow Ring

Merupakan Ring yang cocok dengan kamu yang ingin menikmati build baru lebih awal dari Release Preview dengan bug yang minimal. Akan tetapi, build yang dirilis atas nama Slow Ring memiliki bug yang lebih banyak dari Release Preview. Tergolog Ring yang aman.
Ring ini akan mendapat update sebelum Release Preview dan setelah Fast Ring.

3. Windows Insider Ring - Fast Ring

Ring ini akan mendapat update paling awal dari ketiga Ring dari Windows Insider publik. Biasanya, Ring ini akan mendapat preview build lebih awal dari update major yang akan datang. Contohnya, pada awal tahun 2017 akan ada update major bernama "Creators Update". Insider Fast Ring sudah mendapatkan Preview dari "Creators Update" dengan nomor build 14800 keatas. Slow Ring dan Release Preview masih belum mendapatkan Preview update major tersebut.

Build Fast Ring memilik bug atau masalah yang lebih banyak dari kedua ring di atas. Dalam beberapa build atau beberapa PC, Build Fast Ring memiliki banyak bug. Ring ini pertama kali dirilis pada Oktober 21, 2014 dengan build 9860.

Itu dia beberapa build yang dirilis untuk publik yanf mungkin anda belum ketahui. Ring ini tidak bisa diakses oleh sembarang orang. Hanya bisa diakses oleh Developer Windows 10  yang aktif atau pegawai Microsoft. Untuk penjelasan tentang build yang dirilis non publik yaitu :

1. Microsoft Ring

Dirilis untuk pegawai internal Microsoft. Ring ini mendapat update build terakhir dibanding ring non publik lain. Tentunya Ring ini akan mendapat update yang cukup berisiko karena memiliki banyak build. Setelah Microsoft Ring menyetujui build awal ini, Fast Ring akan mendapatkan update build yang telah disetujui tadi.

2. Windows and Devices Group Ring

Biasanya disingkat dengan WDG. WDG ini akan mendapat build setelah mendapat persetujuan Canary Ring. Tentunya ring ini mendapat build yang masih tidak stabil. Jika WDG menyetujui build tertentu, Microsoft Ring akan mendapatkan update build.

3. Canary Ring

Canary Ring mendapat update dalam jangka waktu setiap hari. Ring ini mendapat build paling awal dari semua jenis Windows Insider. Hanya bisa diakses oleh beberapa Windows Insider yang tergabung dalam WDG. 
Jika Canary Ring menyetujui satu dari build hariannya, build tersebut akan tersedia pada WDG Ring.


Bagaiamana sobat, sekarang kamu sudah mengetahui beberapa Ring Windows Insider yang bersifat non publik. Memang proses update build insider cukup rumit. Tetapi hal tersebut bertujuan agar pengguna Windows 10 merasa aman dan nyaman dalam menggunakan Windows 10.

Oh ya, bagi kamu yang belum mengikuti Windows Insider segera bergabung ke Windows Insider. Kamu akan mendapatkan update keren sebelum pengguna Windows 10 biasa. Itu saja artikel tentang Windows Insider, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Post a Comment

Copyright © Mutualan Kuy. Designed by OddThemes